PERBEDAAN DROPSHIP DAN RESELLER

PERBEDAAN DROPSHIP DAN RESELLER

PERBEDAAN DROPSHIP & RESELLER

Apalakah perbedaan dropship dan reseller ?Banyak orang bingung ketika dihadapkan pada dua pilihan tersebut. Kedua pekerjaan itu emang cocok dijalankan sebagai pekerjaan sampingan. Namun, ada beda di antara keduanya.

Seperti yang kamu tahu, reseller dan dropshipper sama-sama pekerjaan yang ada hubungannya sama urusan dagang. Mirip-mirip pedagang, tapi dua pekerjaan ini punya cara berbeda menjual barang ke konsumen.

Kalau kamu berniat melakukan salah satunya, tapi bingung yang mana, kamu perlu mengetahui perbedaan keduanya dalam ulasan berikut.

1. Perbedaan Cara Kerja Dropship dan Reseller

Bedanya reseller dan dropshipper bisa dilihat dari cara kerja mereka. Reseller itu bisa dibilang mirip-mirip dengan pedagang. Mereka harus lebih dulu membeli barang sebelum menjualnya ke konsumen.

Reseller memperoleh barang dari supplier atau distributor. Setelah mendapatkan barang dengan jumlah tertentu, baru reseller menjualnya.

Beda lagi dengan dropshipper. Cara kerja dropshipper adalah menawarkan barang ke konsumen lebih dulu terus kalau dapat order, nantinya diteruskan ke supplier atau distributor. Nantinya supplier atau distributor yang terima order mengirimkan barang ke konsumen.

2. Perbedaan Modal

Kalau ditanya mana yang mengeluarkan modal minim, jawabannya adalah dropshipper. Mengapa?

Pasalnya, dropshipper gak harus membeli barang supaya bisa menjual. Cukup modal pulsa, paket data dan informasi, pekerjaan ini udah bisa dilakukan.

Sementara itu, jadi reseller harus mengeluarkan modal karena harus membeli barang terlebih dahulu. Besarnya modal menentukan jumlah barang yang kamu dapat.

Selain itu, modal seperti pulsa, paket data, dan ongkos transportasi juga dihitung. Biaya-biaya itu termasuk dalam biaya operasional kantor.

3. Perbedaan Keuntungan Dropship dan Reseller

Ditanya soal ini, jelas lebih untung reseller. Mengapa? Sebab, bisa mendapat barang dengan harga termurah dan mengatur harga jual sekehendaknya. Di situ, dia dapat untung yang bisa aja besar.

Lain cerita kalau kamu menjadi dropshipper. Sulit bagi dropshipper mendapat untung sebesar reseller. Pasalnya, order yang diberikan dropshipper masih kalah banyak dengan pembelian reseller.

Karena itu, reseller bisa mendapat harga barang dari supplier lebih murah ketimbang dropshipper. Di sinilah mereka bisa menentukan berapa keuntungan yang pengin didapatnya.

Kekurangan dan Kelebihan Dropship dan Reseller

RESELLER

Kelebihan

Pertama, karena menyimpan stok, Reseller bisa dengan cepat mengetahui jumlah stok barangnya.

Kedua, Reseller punya lebih banyak informasi tentang barang yang ia jual. Misalnya, ukuran, bahan, kualitas, dsb.

Oleh karena itu, ia bisa lebih tanggap dalam menjelaskan kondisi barang dengan mendetail kepada customer.

Ketiga, ia juga bisa menjual barang tidak hanya lewat toko online tapi juga lewat toko fisik atau biasa.

Dan terakhir, reseller biasanya mendapatkan margin keuntungan yang lebih besar karena membeli barang dalam jumlah banyak.

 

Kekurangan

Pertama, karena membeli barang langsung ke supplier dan menyetoknya, maka reseller butuh modal agak besar dibanding Dropshipper.

Kedua, dibanding Dropshipper, Reseller harus mengemas & melakukan pengiriman barang sendiri.

Ketiga, ia harus menanggung resiko kerugian jika akhirnya barang yang ia jual tidak laku.

 

DROPSHIPPER

Kelebihan

Pertama, Dropshipper tidak memerlukan modal. Ia sudah dapat bekerja dengan menggunakan komputer, laptop atau bahkan HP.

Kedua, Dropshipper tidak perlu mengemas & mengirim barang. Setiap kali ada order, ia tinggal meneruskannya ke supplier atau Reseller.

Terakhir, Dropshipper tidak memiliki resiko kerugian apabila barang yang ia jual tidak laku.

 

Kekurangan

Margin keuntungan Dropshipper lebih kecil jika dibanding dengan Reseller.

Kedua, Dropshipper tidak mengetahui stok dan kondisi barang, sehingga harus menanyakan terlebih dahulu ke supplier.

Jadi kejadian barang habis atau out of stock akan sering terjadi. Selain itu, dalam menjawab pertanyaan pelanggan ia agak lambat karena ia perlu menanyakannya ke supplier.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Joy Cloth Sablon Konveksi Bekasi adalah Tempat jasa pembuatan sablon kaos satuan maupun lusinan, jasa konveksi murah, jasa pembuatan jersey bekasi, dengan website Juragan Kaos Custom juragankaoscustom.com

Services

Juragan Kaos Custom 100% UMKM Indonesia

Joy Cloth Sablon Konveksi Bekasi asli cita rasa Indonesia

Copyright 2022 juragankaoscustom.com